Sistem Pembelian
Transaksi pembelian bahan baku
melibatkan bagian-bagian produksi, bagian gudang,
bagian pembelian, bagian penerimaan barang, dan bagian akuntansi.
Dokumen sumber dan dokumen pendukung yang dibuat dalam transaksi pembelian
bahan baku adalah surat permintaan pembelian,
surat order pembelian, laporan penerimaan barang, dan faktur dari penjual.
Sistem pembelian bahan baku terdiri dari prosedur
permintaan pembelian, prosedur order pembelian, prosedur penerimaan
barang, prosedur pencatatan penerimaan barang digudang, dan prosedur
pencatatan utang yang timbul dari pembelian bahan baku.
1.
Prosedur
Permintaan Pembelian Bahan Baku
Jika persediaan bahan baku yang ada
di gudang sudah mencapai jumlah tingkat minimum pemesanan kembali
(reorder point), bagian gudang kemudian membuat surat permintaan pembelian
(purchase requisition) untuk dikirimkan ke bagian pembelian
|
|
|
|
|
|
|
SURAT PERMINTAAN PEMBELIAN
|
Tanggal …………………….
|
|
||
|
|
||||
|
Dari bagian …………………………… Digunakan untuk ………………………….
|
|
|||
|
|
||||
Kuantitas
|
Seri atau no. Katalog
|
Ukuran
|
Penjelasan lengkap
|
||
|
|
|
|
||
|
|
|
|
||
|
|
|
|
||
|
|
|
|
||
|
|
|
|
||
Kirim ke……………………………………………………………
|
Untuk diisi oleh bagian Pembelian
|
||||
Beban ke Departemen…………… No. Rek ………..
|
Pemasok
|
Harga per unit
|
Total Harga
|
||
Tanggal dibutuhkan ………………………………………..
|
|
|
|
||
Diperlukan oleh ………………………………………………
|
|
|
|
||
Disetujui oleh …………………………………………………
|
|
|
|
||
Tanda tangan
|
Harga yang lalu …………………………………….
|
||||
|
Pemasok yang lalu ………………………………
|
||||
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
2.
Prosedur Order Pembelian
Bagian pembelian melaksanakan pembelian atas dasar surat
permintaan pembelian dari bagian gudang. Untuk pemilihan pemasok, bagian
pembelian mengirimkan surat permintaan penawaran harga (purchase price
quotation) kepada para pemasok, yang berisi permintaan informasi harga
dan syarat-syarat pembelian dari masing-masing pemasok tersebut. Setelah
pemasok yang dianggap baik kemudian dipilih, bagian pembelian kemudian membuat
surat order pembelian untuk dikirimkan kepada pemasok yang dipilih.
SURAT ORDER PEMBELIAN
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
||||||||||||
Nomor
|
:
|
………………………………..
|
Pengiriman TGL
|
:
|
……………………………….
|
|
|||||||
Tanggal
|
:
|
………………………………..
|
No. PO
|
:
|
……………………………….
|
|
|||||||
Kepada
|
:
|
………………………………..
|
Dikirim ke
|
:
|
……………………………….
|
|
|||||||
Up
|
:
|
………………………………..
|
Mata Uang
|
:
|
……………………………….
|
|
|||||||
Alamat
|
:
|
………………………………..
|
|
||||||||||
|
|
||||||||||||
DESKRIPSI
|
JML
|
UNIT
|
HARGA @
|
DISC
|
SUB TOTAL
|
PAJAK
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
JUMLAH
|
|
|
|
|||||||||
|
|
||||||||||||
|
Kepla Bagian
|
|
|||||||||||
|
|
||||||||||||
|
|
||||||||||||
|
……………………………………
|
|
|||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
3.
Prosedur
Penerimaan Bahan Baku.
Pemasok mengirimkan bahan baku
kepada perusahaan sesuai dengan surat order pembelian yang diterimanya. Bagian
penerimaan yang bertugas menerima barang, mencocokkan kualitas, kuantitas,
jenis serta spesifikasi bahan baku yang diterima telah sesuai dengan surat
order pembelian, bagian penerimaan membuat laporan penerimaan barang untuk
dikirimkan kepada bagian akuntansi.
PENERIMAAN BARANG
|
|
|
No. Seri:
|
|
|
Barang diterima melalui ………………………………………………………………. Tanggal
…………………………….
|
|||||
Nama Pengirim …………………………………………………………………………………………………………………………
|
|||||
Order dari …………………………………………………………………………………………………………………………………..
|
|||||
|
|
||||
No. Mobil
|
Jenis Barang
|
Unit
|
Penjelasan lengkap mengenai barang
(Merk, mutu dsb)
|
Berat
|
Kondisi saat diterima
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SOP a (Surat Order Pembelian) : …………………. SOP b (Surat Order
Pengiriman: ………………………..
|
|||||
|
|
|
|
|
|
Diperiksa oleh:
|
Diterima oleh:
|
|
|||
|
|
||||
|
|
||||
………………………………………………………
|
………………………………………………………….
|
||||
|
|
|
|
|
|
4.
Prosedur
Pencatatan Penerimaan Bahan Baku di Bagian Gudang.
Bagian penerimaan menyerahkan bahan baku yang diterima dari
pemasok kepada bagian gudang. Bagian gudang menyimpan bahan baku tersebut dan
mencatat jumlah bahan baku yang diterima dalam kartu gudang (stock card) pada
kolom “diterima”. Kartu gudang ini digunakan oleh bagian gudang untuk mencatat
mutasi tiap-tiap jenis barang gudang. Kartu gudang hanya berisi informasi
kuantitas tiap-tiap jenis barang yang disimpan di gudang dan tidak berisi
informasi mengenai harganya. Catatan dalam kartu gudang ini diawasi
dengan catatan yang diselenggarakan oleh bagian akuntansi yang berupa kartu
persediaan (sebagai rekening pembantu persediaan). Bagian gudang disamping
mencatat mutasi barang gudang dalam kartu gudang, juga mencatat barang dalam
kartu barang (inventory tag), yang ditempelkan atau digantungkan pada tempat
penyimpanan masing-masing jenis barang.
KARTU GUDANG
|
|||||||||||
|
|
||||||||||
No. Kode:
|
Gudang :
|
||||||||||
Nama Barang
|
|
||||||||||
Lokasi :
|
|
||||||||||
Diterima
|
Dipakai
|
Sisa
|
|||||||||
TGL
|
Kuantitas
|
TGL
|
Kuantitas
|
Kuantitas
|
keterangan
|
||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|||||
KARTU BARANG
|
|||||||||||
|
|
||||||||||
No. Kode Persediaan:
|
Nama Barang:
|
||||||||||
No. Kode Barang :
|
Gudang :
|
||||||||||
Lokasi :
|
|
||||||||||
Diterima
|
Dipakai
|
Sisa
|
|||||||||
TGL
|
Kuantitas
|
TGL
|
Kuantitas
|
Kuantitas
|
keterangan
|
||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|||||
KARTU PERSEDIAAN
|
||||||||||
|
|
|||||||||
No. Kode
|
:
|
Gudang
|
|
|||||||
Nama Barang
|
:
|
Lokasi
|
|
|||||||
Spesifikasi
|
:
|
Min:
|
Max:
|
Satuan:
|
|
|||||
|
|
|||||||||
Diterima
|
Dipakai
|
Sisa
|
||||||||
Tgl
|
No Bukti
|
Kuantitas
|
Harga Satuan
|
Jumlah
|
Kuantitas
|
Harga Satuan
|
Jumlah
|
Kuantitas
|
Harga Satuan
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
Prosedur
Pencatatan Utang yang Timbul dari Pembelian Bahan Baku.
Bagian pembelian menerima faktur pembelian dari
pemasok. Bagian pembelian memberikan tanda tangan diatas faktur pembelian,
sebagai tanda persetujuan bahwa faktur dapat dibayar karena pemasok telah
memenuhi syarat-syarat pembelian yang ditentukan oleh perusahaan. Faktur
pembelian yang telah ditandatangani oleh bagian pembelian tersebut
diserahkan kepada bagian akuntansi. Dalam transaksi pembelian bahan baku,
bagian akuntansi memeriksa ketelitian perhitungan dalam faktur pembelian dan
mencocokkannya dengan informasi dalam tembusan surat order pembelian yang
diterima dari bagian pembelian dan laporan penerimaan barang yang diterima dari
bagian penerimaan. Faktur pembelian, yang dilampiri dengan tembusan surat order
pembelian dan laporan penerimaan barang dicatat oleh bagian akuntansi dalam
jurnal pembelian. Setelah dicatat dalam jurnal pembelian beserta dokumen
pendukungnya tersebut dicatat dalam kartu persediaan (sebagai rekening
pembantu persediaan bahan baku) pada kolom “diterima”. Faktur pembelian dan
dokumen pendukungnya kemudian dicatat dalam kartu hutang (sebagai rekening
pembantu utang) untuk mencatat timbulnya hutang kepada pemasok yang
bersangkutan.
6.
Prosedur
Permintaan dan Pengeluaran Bahan Baku.
Bagian produksi yang membutuhkan bahan baku, mengisi bukti
permintaan barang. Kolom-kolom yang diisi informasi adalah kolom nomor urut,
nama, dan nomor kode kelompok, nomor urut barang dan jumlah satuan yang
diminta, dan pusat biaya (dalam hal ini bagian produksi) yang memerlukan bahan
baku. Setelah bukti permintaan barang tersebut di otorisasi oleh yang
berwenang, tiga lembar bukti permintaan barang tersebut dibawa ke bagian
gudang. Bagian gudang menyiapkan bahan baku sesuai yang tercantum dalam
bukti permintaan barang, dan menyerahkannya kepada bagian produksi yang
membutuhkannya. Bagian gudang mengisi jumlah bahan baku yang diserahkan pada
kolom “diserahkan” dalam bukti permintaan
KARTU PERMINTAAN BARANG
|
|||||||
|
|
||||||
No.
|
:
|
Jenis Pemakaian
|
|
Produksi
|
|
||
|
|
||||||
Tanggal
|
:
|
|
Pemeliharaan
|
||||
|
|
||||||
|
|
Inventaris
|
|||||
|
|
||||||
Nama & Kode Barang
|
Kuantitas
|
Pusat Biaya
|
Di isi oleh bagian akuntansi
|
||||
Diminta
|
Diserahkan
|
Satuan
|
Harga satuan
|
Jumlah
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Diminta,
|
Disetujui,
|
Diserahkan,
|
Diterima
|
Dicatat
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar